#LLD : Kami Yakin Kami Bisa

singkat cerita, kapan kita akan memulai suatu perubahan untuk indonesia yang lebih baik? jawabnya singkat: mulai sekarang, kapan lagi?

ini adalah sebuah catatan kecil tentang perjalanan pribadi saya yang tanpa disadari saya tenggelam disana dan begitu menikmati proses tersebut.

diawali dari sosial media yang begitu menjamur dalam berbagai aspek kehidupan, membuka celah dan peluang dimanapun dan kapanpun yang memungkinkan kehidupan komunitas untuk berkumpul, belajar bersama, saling mendukung dan tentu saja saling berbagi.

menarik mengikuti awal lahirnya akademi berbagi tak lain dibidani oleh mbak ainun chomsun yang melalui aku twitternya @pasarsapi mencoba mengontak pak @subiakto untuk mengajarinya tentang copy writing. tak disangka hal itu berkelanjutan menjadi  suatu komunitas sosial untuk belajar.

patut diakui kekuatan sosial media sungguh luar biasa, dari kelas pertama sampai kelas berikutnya hingga menyebar ke lebih dari 30 kota di indonesia virus berbagi yang disebarkan semakin menjamur.

puncak dari kekuatan tersebut terjadi ketika seluruh relawan dari 30 kota tersebut sepakat untuk bertemu tidak hanya melalui dunia maya namun bertatap muka langsung  di ajang diberi gelaran local leaders day #lld.

digelar di bilangan cico resort bogor dari tanggal 30 maret sampai dengan 1 april 2012 ajang local leaders day mendapat dukungan yang luar biasa dari berbagai sponsor yang tentu saja memiliki kepedulian penuh terhadap proses menyebarkan virus berbagi pengetahuan tersebut. sebut saja acer indonesia , dulux ici paints , garuda indonesia , internet sehat , saling silang , eximbank indonesia, pt kalrez petroleum seram ltd, dan bluebird group. tak lupa ucapan terima kasih dan atas penghargaan kepada sponsor-sponsor tersebut patut diberikan.

sebagai gerakan yang diawali dan dibesarkan dengan sosial media lalu dibumikan dengan bukti nyata berupa kelas-kelas belajar, setiap relawan yang hadir dalam event tersebut juga dibekali dengan berbagai ilmu praktis yang diberikan oleh guru yang pakar dibidangnya. sebut saja mas @donnybu dari @internetsehat yang mengusung tema ‘social entrepreneur’,

dari sisi penguatan organisasi menghadirkan mbak @salsabeela yang mengupas tuntas tentang ‘empowering community’.

ada pula presenter cantik @lucywiryono yang berbagi ‘public speaking’ dan sebagai komunitas yang berkembang lewat social media ada @bangwinissimo yang membekali relawan yang dihadir di #LLD dengan ‘social media management’.

tak kalah hadir pula mas @shafiqpontoh dan @ndorokakung yang berbicara tentang narasi publik.

yang menjadi sorotan saya justru pada antusias para relawan yang hadir termasuk kerja keras panitia yang dibidani oleh rekan2 dari Akber Jakarta. semua yang hadir, yang berdinamika dan berjibaku di #LLD ini seperti tak pernah kehilangan energi positifnya untuk benar-benar diwujudkan yang semula menjadi mimpi bersama menjadi aksi bersama untuk melakukan suatu perubahan yang berarti bagi indonesia.

energi positif tersebut benar-benar dipancarkan dari pribadi-pribadi relawan yang sekali lagi menurut saya luar biasa integritas dan komitmennya, di jiwa mereka benar-benar terpatri ‘berbagi selalu bikin happy’ dan tidak ada hal yang susah jika kita lakukan bersama dan senang hati. suatu semangat yang saya yakini jika dimiliki oleh setiap pribadi di indonesia akan menjadikan perubahan yang luar biasa di tanah air kita ini.

 

sejuta harap semoga setiap relawan dapat menyebarkan virus berbagi ini ke penjuru nusantara, sehingga kehidupan yang lebih baik akan terwujud ketika kita secara sepenuh hati menyadari dan meyakini bahwa berbagi itu bukan kebutuhan tapi kewajiban.

proud of you akberian.. u’re awesome..

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ nine = 11

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>